HOUSEKEEPING DEPARTMENT
A. Pengertian
dan Fungsi Department Housekeeping.
Dalam bahasa Inggris housekeeping mempunyai arti house berarti rumah, wisma , tempat menginap atau hotel, sedangkan
keeping adalah menjaga , merawat , mengatur , memelihara. Housekeeping dalam bahasa
indonesia disebut dengan tata graha, yang berasal dari kata tata berarti menjaga , merawat ,
mengatur , memelihara, sedangkan graha adalah bangunan , rumah, wisma , hotel. Definisi tata graha
(housekeeping) adalah bagian dari departemen yang bertanggung jawab mengatur
atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan
dan dekorasi dengan tujuan agar hotel tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan
menyenangkan bagi penghuninya.
Fungsi housekeeping dalam operasional suatu hotel sangat penting
disamping mejaga kebersihan dan kenyamanan
serta memperbaiki kerusakan dan memberikan sentuhan dekorasi pada suatu
ruangan, Housekeeping juga diharuskan memiliki perencanaan jangka pendek
ataupun jangka panjang dalam rangka mengatur penggantian furniture atau
perlengkapan lainnya seperti vacum
cleaner , brushing mesin dll.
Fungsi management secara umum planning,
organizing, staffing, leading and controlling harus diterapkan secara
konsisten, demikian pula dimensi – dimensi Total Quality Management dan Total Quality Service di aplikasikan
sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan tersebut.
Housekeeping Department merupakan organisasi dalam hotel yang memiliki
struktur organisasi yang unik dalam
operasional systemmnya karena dipengaruhi besar kecilnya hotel tersebut.semakin
besar atau luas hotel tersebut maka semakin unik pula sistem organisasi operasionalnya.
B. SASARAN HOUSEKEEPING DEPARTEMENT.
untuk dapat memenuhi quality service adapun beberapa sasaran dari departement housekeeping yaitu :
1. Bersih ( Clean )
Ini merupakan sasaran utama housekeeping departement untuk menjaga kebersihan seluruh area hotel yang meliputi area umum ( Public Area ), kamar tamu ( guest room ), kantor ( office ) dan kolam renang ( Pool area ).
2. Nyaman ( Comfortable )
Kenyaman adalah kebutuhan tamu selama berada di hotel, housekeeping berupaya menjaga kenyamanan tamu selama menginap dihotel dari ganguan serangga, hewan, suara maupun segala sesuatu yang menyebabkan kenyamanan berkurang.
3. Suasana ramah tamah ( Friendly admosfir )
suasana yang ramah mutlak diberikan oleh hotel, staff housekeeping diwajibkan untuk menunjukan sikap ramah kepada tamu dan pengujung yang datang ke hotel dengan menerapkan senyum, salam, sapa dan sigap dalam memberikan pelayanan.
4. Keamanan ( Safe )
keamanan merupakan yang utama dibutuhkan oleh tamu disini housekeping memiliki tanggung jawab atas keamanan tamu dan barang milik tamu selama menginap di hotel.
5. Menarik ( Appealing )
Menciptakan area hotel maupun kamar tamu menjadi menarik adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh housekeeping agar menarik minat tamu untuk berkunjung dan menginap di hotel.
Sasaran ini juga bertujuan agar tamu merasa tinggal di rumahnya sendiri ( Home away from home ).
C. SEKSI - SEKSI PADA HOUSEKEEPING DEPARTEMENT.
Untuk menjalan tugas - tugasnya housekeeping departement memiliki beberapa seksi yang memiliki masing - masing fungsi dan tanggung jawab yaitu :
1. Public Area Section
Adalah seksi yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapian, kamanan dan kesiapan seluruh area umum hotel seperti lobby, restaurant, corridor, rest room dll yang dilakukan oleh petugas public area houseman/housemaid.
2. Room Section
Adalah Seksi yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapian, kamanan dan kesiapan seluruh kamar tamu serta memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh tamu selama menginap.
3. Laundry and Uniform section
Adalah Seksi yang bertanggung jawab atas pencucian linen hotel, seragam karyawan dan cucian tamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar