Selasa, 17 Mei 2016

DEFINISI HOUSEKEEPING DEPARTEMENT


HOUSEKEEPING DEPARTMENT
A.  Pengertian dan Fungsi Department Housekeeping.
   Dalam bahasa Inggris housekeeping mempunyai arti  house berarti rumah,  wisma , tempat menginap atau hotel, sedangkan keeping adalah menjaga , merawat , mengatur ,  memelihara. Housekeeping dalam bahasa indonesia disebut dengan tata graha, yang berasal dari kata  tata berarti menjaga , merawat , mengatur , memelihara, sedangkan graha adalah bangunan , rumah,  wisma , hotel. Definisi tata graha (housekeeping) adalah bagian dari departemen yang bertanggung jawab mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan dekorasi dengan tujuan agar hotel tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

      Fungsi housekeeping dalam operasional suatu hotel sangat penting disamping  mejaga kebersihan dan kenyamanan serta memperbaiki kerusakan dan memberikan sentuhan dekorasi pada suatu ruangan, Housekeeping juga diharuskan memiliki perencanaan jangka pendek ataupun jangka panjang dalam rangka mengatur penggantian furniture atau perlengkapan lainnya seperti  vacum cleaner ,  brushing mesin  dll.

    Fungsi management secara umum planning, organizing, staffing, leading and controlling harus diterapkan secara konsisten, demikian pula dimensi – dimensi  Total Quality Management dan Total Quality Service di aplikasikan sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan tersebut. 

Housekeeping Department merupakan organisasi dalam hotel yang memiliki struktur organisasi yang unik  dalam operasional systemmnya karena dipengaruhi besar kecilnya hotel tersebut.semakin besar atau luas hotel tersebut maka semakin unik  pula sistem organisasi operasionalnya.

     B. SASARAN HOUSEKEEPING DEPARTEMENT.
         untuk dapat memenuhi quality service adapun beberapa sasaran dari departement housekeeping yaitu : 
1.  Bersih ( Clean )
     Ini merupakan sasaran utama housekeeping departement untuk menjaga kebersihan seluruh area          hotel yang meliputi area umum ( Public Area ), kamar tamu ( guest room ), kantor ( office ) dan          kolam renang ( Pool area ).
 2. Nyaman ( Comfortable )
     Kenyaman adalah kebutuhan tamu selama berada di hotel, housekeeping berupaya menjaga                kenyamanan tamu selama menginap dihotel dari ganguan serangga, hewan, suara maupun segala        sesuatu yang menyebabkan kenyamanan berkurang.
  3. Suasana ramah tamah ( Friendly admosfir )  
     suasana yang ramah mutlak diberikan oleh hotel, staff housekeeping diwajibkan untuk                          menunjukan sikap ramah kepada tamu dan pengujung yang datang ke hotel dengan menerapkan          senyum, salam, sapa dan sigap dalam memberikan pelayanan.
  4. Keamanan ( Safe )
      keamanan merupakan yang utama dibutuhkan oleh tamu disini housekeping memiliki tanggung            jawab atas keamanan tamu dan barang milik tamu selama menginap di hotel.
  5. Menarik ( Appealing )
      Menciptakan area hotel maupun kamar tamu menjadi menarik adalah salah satu hal yang penting         dilakukan oleh housekeeping agar menarik minat tamu untuk berkunjung dan menginap di hotel.
Sasaran ini juga bertujuan agar tamu merasa tinggal di rumahnya sendiri ( Home away from home ).

      C. SEKSI - SEKSI PADA HOUSEKEEPING DEPARTEMENT.
      Untuk menjalan tugas - tugasnya housekeeping departement memiliki beberapa seksi yang memiliki masing - masing  fungsi dan tanggung jawab yaitu

1. Public Area Section
    Adalah seksi yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapian, kamanan dan kesiapan seluruh           area umum hotel seperti lobby, restaurant, corridor, rest room dll yang dilakukan oleh petugas              public area houseman/housemaid.
2. Room Section
    Adalah Seksi yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapian, kamanan dan kesiapan seluruh           kamar tamu serta memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh tamu selama menginap.
3. Laundry and Uniform section
    Adalah Seksi yang bertanggung jawab atas pencucian linen hotel, seragam karyawan dan cucian         tamu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar