STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA ( SKKNI ) TATA GRAHA
DAFTAR ISI
KODE UNIT JUDUL UNIT
PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING
UNTUK TAMU
PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN
PERALATAN
PAR.HT02.028.01 MENYIAPKAN KAMAR UNTUK TAMU
PAR.HT02.029.01 MENANGANI LINEN DAN
PAKAIAN TAMU
PAR.HT02.030.01 MENYEDIAKAN JASA VALET
JUMLAH UNIT LIMA
KODE UNIT : PAR.HT02.026.01
JUDUL UNIT : MENYEDIAKAN LAYANAN HOUSEKEEPING UNTUK TAMU
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyediakan jenis jasa housekeeping umum untuk tamu.
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
| |
01
|
Menangani permintaan housekeeping
|
1.1 Permintaan ditangani dengan cara yang ramah dan sopan sesuai dengan standar layanan pelanggan perusahaan dan prosedur keamanan.
1.2 Tamu disapa dengan namanya dimana jika memungkinkan.
1.3 Rincian permintaan dikonfirmasikan dan dicatat.
1.4 Dimana permintaan timbul karena barang rusak saat pelaksanaan room service, maka permintaan maaf harus dilakukan.
1.5 Jangka waktu untuk memenuhi permintaan disetujui oleh tamu.
1.6 Barang-barang yang diminta diletakkan segera dan diantarkan segeradalam jangka waktu yang disetujui.
1.7 Barang-barang yang diambil kembali sesuai jangka waktu yang disetujui.
1.8 Perlengkapan disusun untuk tamu ketika diperlukan.
|
02
|
Meberi saran tamu mengenai perlengkapan housekeeping
|
2.1 Tamu diberi saran dengan sopan tentang penggunaan peralatan yang benar.
2.2 Kerusakan dilaporkan secepatnya sesuai dengan prosedur perusahaan dan bila memungkinkan pengaturan alternatif dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tamu.
2.3 Bila memungkinkan waktu pengumpulan harus disepakati.
|
BATASAN VARIABEL
1. Unit ini berlaku untuk seluruh jenis usaha pariwisata dan perhotelan yang menyediakan akomodasi.
2. Permintaan tamu dapat berupa jenis barang dan jasa yang mencakup namun terbatas pada:
2.1 ranjang beroda
2.2 bantal dan selimut tambahan
2.3 seterika
2.4 pengering rambut
2.5 persediaan kamar tambahan
2.6 bahan pembersih tambahan
2.7 penyelidikan atasa barang yang hilang.
|
PANDUAN PENILAIAN
1. Keterampilan dan pengetahuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi, petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini:
1.1 pengetahuan tentang layanan dan prosedur housekeeping
1.2 prosedur keamanan dan keselamatan yang diterapkan untuk layanan housekeeping.
|
2. Konteks penilaian
Unit ini dapat dinilai berdasarkan dalam bekerja atau tidak bekerja. Penilaian wajib mencakup demonstrasi praktis baik di tempat kerja maupun melalui simulasi. Hal ini harus didukung oleh serangkaian metode untuk menilai pengetahuan penunjang.
3. Aspek penting penilaian
Petunjuk wajib mencakup pengetahuan yang didemonstrasikan jenis layanan/perlengkapan housekeeping dan kemampuan yang didemonstrasikan untuk menawarkan jasa dengan ramah dan sopan kepada tamu.
4. Kaitan dengan unit-unit lain
4.1 Unit ini wajib dinilai bersamaan dengan atau setelah Menyiapkan Kamar untuk Tamu.
4.2 Terdapat kaitan erat antara unit ini dengan unit Bekerja dengan Kolega dan Pelanggan, dan penilaian gabungan direkomendasikan. Pelatihan yang dikombinasikan dapat dianggap cocok tergantung kepada sektor industri dan tempat kerja.
4.3 Unit lain dimana penilaian/pelatihan gabungan dianggap sesuai meliputi Mengembangkan dan Memperbaharui Pengetahuan Lokal.
|
Kompetensi Kunci
NO
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1
|
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
|
1
|
2
|
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
|
1
|
3
|
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
|
1
|
4
|
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
|
1
|
5
|
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
|
-
|
6
|
Memecahkan Masalah
|
1
|
7
|
Menggunakan Teknologi
|
-
|
KODE UNIT : PAR.HT02.027.01
JUDUL UNIT : MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas kebersihan umum dalam jenis perusahaan pariwisata dan perhotelan. Unit ini dianggap sama dengan unit
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
| |
01
|
Memilih dan menata peralatan
|
1.1 Peralatan dipilih sesuai dengan jenis pembersihan yang dilakukan.
1.2 Seluruh perlengkapan diperiksa dan keamanan kondisi kerjanya sebelum digunakan.
1.3 Alat pembersih dan bahan-bahan kimia yang sesuai dipilih dan disiapkan sesuai dengan persyaratan pabrik dan kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan pekerjaan.
1.4 Bila perlu, pakaian pelindung dipilih dan digunakan.
|
02
|
Membersihkan area yang kering dan basah
|
2.1 Area yang akan dibersihkan disiapkan dan bersih dari bahaya.
2.2 Bila sesuai, area kerja diberi tanda untuk mengurangi resiko terhadap kolega dan pelanggan.
2.3 Bahan kimia yang benar dipilih untuk area tertentu dan digunakan sesuai dengan prosedur keselamatan.
2.4 Perlengkapan digunakan secara benar.
2.5 Sampah dan sisa-sisa bahan kimiawi dibuang sesuai dengan persyaratan lingkungan yang aman dan sehat.
|
03
|
Menjaga dan menyimpan peralatan pembersih dan bahan kimia
|
3.1 Peralatan dibersihkan setelah digunakan sesuai dengan instruksi pabrik.
3.2 Perawatan rutin dilaksanakan sesuai dengan prosedur perusahaan.
3.3 Kesalahan diidentifikasi secara benar dan dilaporkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
3.4 Peralatan disimpan di area yang telah ditetapkan dan dalam kondisi siap dipakai kembali.
3.5 Bahan kimia disimpan sesuai dengan persyaratan kesehatan dan keselamatan.
|
BATASAN VARIABEL
1. Unit ini berlaku untuk seluruh perusahaan pariwisata dan perhotelan.
2. Area kering dan basah mencakup namun tidak terbatas pada:
2.1 kamar mandi
2.2 kamar tidur
2.3 dapur
2.4 balkon
2.5 area istirahat pribadi
2.6 area umum (baik internal maupun eksternal).
3. Bahan kimia yang termaksud namun tidak terbatas pada:
3.1 pembasmi hama
3.2 pestisida
3.3 bahan pembersih.
|
PANDUAN PENILAIAN
1. Keterampilan dan pengetahuan penunjang
1.1 Untuk mendemonstrasikan kompetensi, dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini:
1.1.1 persyaratan nasional/local tertentu mengenai kesehatan dan keselamatan kerja yang berkaitan dengan operasional kebersihan
1.1.2 undang-undang tentang lingkungan
1.1.3 penanganan yang aman atas perlengkapan kebersihan dan bahan- bahan kimia yang digunakan dalam usaha pariwiasata dan perhotelan
1.1.4 penanganan dan perlakuan yang aman atas bahaya yang dihadapi di area yang akan dibersihkan termasuk:
1.1.4.1 darah
1.1.4.2 jarum dan semprotan
1.1.4.3 kondom bekas
1.1.4.4 benda-benda tajam
1.1.4.5 kotoran manusia
1.1.4.6 perlengkapan bedah
1.1.4.7 kaca-kaca pecah
1.1.4.8 tusuk daging
1.1.4.9 lemak dan minyak
1.1.4.10 panci-panci panas
1.1.4.11 pisau
1.1.4.12 tulang
1.1.4.13 kulit-kulit kerang, kepiting dsb.
1.1.5 praktek pengangkatan dan pengikatan yang aman
1.1.6 prosedur keamanan perusahaan.
2. 2. Konteks penilaian
2.1 Unit ini wajib dinilai melalui demonstrasi praktek pada saat bekerja pada simulasi lingkungan kerja dimana proses kebersihan keseluruhan dapat didemonstrasikan.
3. Aspek penting penilaian
3.1 Petunjuk wajib mencakup pemahaman yang didemonstrasikan tentang pentingnya staff kebersihan terhadap seluruh kualitas layanan yang disediakan oleh perusahaan dan kemampuan yang didemonstrasikan untuk menggunakan perlengkapan dan bahan-bahan pembersih secara aman yang sesuai dengan jangka waktu perusahaan yang dapat diterima.
4. Kaitan dengan unit-unit Lain
4.1 Unit ini harus dinilai bersamaan dengan atau setelah unit Mengkikuti Prosedur Kesehatan Tempat Kerja.
4.2 Ada kaitan erat antara uni ini dengan unit Menyiapkan Kamar untuk Tamu.
4.3 Pelatihan/penilaian gabungan dapat dianggap sesuai, tergantung pada sektor industri dan tempat kerja.
|
Kompetensi Kunci
NO
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1
|
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
|
1
|
2
|
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
|
1
|
3
|
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
|
1
|
4
|
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
|
1
|
5
|
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
|
-
|
6
|
Memecahkan Masalah
|
1
|
7
|
Menggunakan Teknologi
|
-
|
KODE UNIT : PAR.HT02.028.01
JUDUL UNI : MENYIAPKAN KAMAR UNTUK TAMU
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyiapkan kamar untuk tamu dalam sebuah lingkup usaha akomodasi komersial.
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
| |
01
|
Menata perlengkapan dan trolley
|
1.1 Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pelayanan kamar dipilih secara benar dan disiapkan untuk kemudian digunakan.
1.2 Persediaan untuk trolley diidentifikasi secara teliti dan dipilih atau dipesan dalam jumlah yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.
1.3 Persedian yang memadai dimuat dimuat dengan aman pada trolley sesuai dengan prosedur perusahaan.
|
02
|
Akses ke kamar untuk pelayanan
|
2.1 Kamar yang membutuhkan pelayanan diidentifikasi secara benar dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping.
2.2 Masuk ke dalam kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan.
|
03
|
Membereskan tempat tidur
|
3.1 Tempat tidur dibersihkan, bantal dan linen diperiksa kalau ada noda dan kerusakan.
3.2 Noda dihilangkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
3.3 Seprai tempat tidur diganti sesuai dengan standar dan prosedur perusahaan.
|
04
|
Membersihkan dan merapikan kamar
|
4.1 Kamar dibersihkan dengan susunan yang benar diatur agar gangguan pada tamu minimal.
4.2 Seluruh perabotan dan perlengkapan dibersihkan dan diperiksa sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/ keselamatan.
4.3 Seluruh barang-barang di tata kembali sesuai dengan standar perusahaan.
4.4 Persediaan kamar diperiksa, diganti sesuai dengan standar perusahaan.
4.5 Rayap/hama diidentifikasi secepatnya dan tindakan yang tepat diambil sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
4.6 Kamar diperiksa kalau-kalau ada kerusakan dan seluruh kerusakan dilaporkan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan.
4.7 Barang-barang yang rusak dicatat sesuai dengan prosedur perusahaan.
.
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
| |
4.8 Barang-barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan secepatnya dilaporkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
4.9 Barang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong dikumpulkan dan disimpan sesuai dengan prosedur perusahaan
| ||
05
|
Membersihkan dan menyimpan trolleydan perlengkapan
|
5.1 Trolley dan perlengkapan dibersihkan setelah digunakan digunakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
5.2 Seluruh barang-barang disimpan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
5.3 Persediaan diperiksa dan barang-barang diganti atau di tata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan.
|
BATASAN VARIABEL
1. Unit ini berlaku untuk semua jenis usaha perusahaan pariwisata dan perhotelan dimana akomodasi ditawarkan.
2. Perlengkapan mencakup namun tidak terbatas pada:
2.1 bahan-bahan pembersih dan bahan kimia
2.2 vacuum cleaner (penyedot debu)
2.3 alat pembersih lantai (kain pel)
2.4 sikat pembersih
2.5 ember.
3. Perabotan, perlengkapan mencakup namun tidak terbatas pada:
3.1 permukaan lantai
3.2 kaca dan barang pecah belah
3.3 lemari pakaian
3.4 perabot
3.5 meja
3.6 perlengkapan lampu
3.7 telepon
3.8 televisi
3.9 lemari pendigin.
4. Persediaan kamar mencakup namun tidak terbatas pada:
4.1 alat tulis
4.2 linen
4.3 persedian kamar mandi
4.4 material promosi perusahaan
4.5 informasi turis lokal.
|
PANDUAN PENILAIAN
1. Keterampilan dan pengetajuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi, dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini:
1.1 prosedur perusahaan berkaitan dengan tampilan kamar tamu
1.2 masalah keselamatan dan keamanan untuk kamar tamu.
2. Konteks penilaian
Unit ini wajib dinilai melalui demonstrasi praktek pada saat bekerja atau di lingkungan tempat kerja yang disimulasikan dimana setiap orang dapat memberikan layanan aktual pada kamar tamu. Hal ini wajib didukung dengan penilaian pengetahuan penunjang.
3. Aspek penting penilaian
Petunjuk wajib mencakup kemampuan yang didemosntrasikan untuk mengatur dan melaksanakan pelayanan lengkap kamar tamu dalam rangka waktu yang ditentukan oleh perusahaan akomodasi komersial.
4. Kaitan dengan unit-unit lain
4.1 Unit ini wajib dinilai bersamaan dengan atau setelah unit-unit berikut:
4.1.1 Mengikuti Prosedur Kesehatan Tempat kerja
4.1.2 Membersihkan Lokasi dan Perlengkapan.
4.2 Pelatihan gabungan dianggap sesuai, tergantung pada sektor industri dan tempat kerja.
Kompetensi Kunci
NO
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1
|
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
|
1
|
2
|
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
|
1
|
3
|
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
|
1
|
4
|
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
|
1
|
5
|
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
|
-
|
6
|
Memecahkan Masalah
|
1
|
7
|
Menggunakan Teknologi
|
1
|
KODE UNIT : PAR.HT02.029.01
JUDUL UNIT : MENANGANI LINEN DAN PAKAIAN TAMU
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam “suatu lingkungan” pencucian dalam perusahaan akomodasi komersial.
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
| |
01
|
Memproses dan mencuci barang-barang
|
1.1 Barang cucian dipilih dengan benar sesuai dengan proses pencucian yang dibutuhkan dan pentingya barang cucian tersebut.
1.2 Metode pencucian dipilih secara benar sesuai dengan kode label pakaian dan berdasarkan pada:
1.2.1 jenis serat dan kain
1.2.2 kecepatan pengeringan
1.2.3 banyaknya noda.
1.3 Barang cucian diperiksa kadar noda dan proses yang tepat diterapkan.
1.4 Bahan pembersih dan zat kimia digunakan dengan benar sesuai dengan instruksi pabrik.
1.5 Perlengkapan/peralatan cuci dioperasikan sesuai dengan instruksi pabrik.
1.6 Memeriksa barang cucian setelah proses pencucian untuk memastikan kualitas kebersihan dan melaporkan kerusakan sesuai dengan prosedur perusahaan.
1.7 Proses menyeterika dan melihat serta proses akhir dilaksanakan dengan benar.
|
02
|
Mengemas dan menyimpan barang cucian
|
2.1 Cucian tamu dikemas dan disajikan sesuai dengan standar perusahaan.
2.2 Prosedur pencatatan dan penagihan diikuti secara benar.
2.3 Barang cucian dilipat secara benar.
2.4 Barang cucian yang telah selesai dikembalikan atau disimpan dalam jangka waktu yang dibutuhkan.
|
BATASAN VARIABEL
1. Unit ini berlaku untuk semua jenis usaha pariwisata dan perhotelan dimana akomodasi ditawarkan.
2. Perlengkapan pencucian mencakup namun tidak terbatas pada:
2.1 alat cuci (washers)
2.2 pengering (dryers)
2.3 seterika (irons)
2.4 steam presses
2.5 keranjang sortiran dan rak (sorting baskets and shelves).
3. Tugas ruang cuci mencakup namun tidak terbatas pada:
3.1 menyortir (sorting)
3.2 mencuci (washing)
3.3 mengeringkan (drying)
3.4 melipat (folding)
3.5 menyeterika (ironing)
3.6 steam pressing
3.7 menambal (mending)
|
PANDUAN PENILAIAN
1. Keterampilan dan pengetahuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi, dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini:
1.1 masalah kesehatan, kebersihan dan keselamatan yang berkaitan dengan operasional pencucian
1.2 jenis-jenis barang cucian utama
1.3 masalah pencucian yang biasa ditemukan
1.4 prosedur kontrol linen perusahaan mencakup:
1.4.1 pergantian barang kotor dengan yang bersih
1.4.2 jumlah set
1.4.3 pengisian
1.4.4 masalah seragam
1.4.5 linen yang rusak
1.4.6 prosedur yang berkaitan dengan celana pendek.
2. Konteks penilaian
Unit ini wajib dinilai melalui demonstrasi praktis pada saat bekerja atau dalam suatu lingkungan pencucian yang simulasi dimana proses pencucian total dapat didemonstrasikan.
3. Aspek penting penilaian
Petunjuk wajib mencakup suatu kemampuan yang didemonstrasikan untuk menilai secara benar proses-proses yang dibutuhkan untuk jenis cucian yang berbeda dan mengoperasikan perlengkapan pencucian secara aman. Proses pencucian secara keseluruhan harus didemonstrasikan dan diselesaikan dengan jangka waktu yang dapat diterima perusahaan.
4. Kaitan dengan unit-unit Lain
4.1 Unit ini wajib dinilai bersamaan dengan atau setelah unit Mengikuti Prosedur Tempat Kerja. Pelatihan gabungan dapat dianggap seuai tergantung pada sektor industri dan tempat kerja.
4.2 Juga terdapat kaitan erat antara unit ini dengan unit lain termasuk unit Menerima dan Menyimpan Persediaan.
|
Kompetensi Kunci
NO
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1
|
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
|
1
|
2
|
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
|
1
|
3
|
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
|
1
|
4
|
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
|
1
|
5
|
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
|
-
|
6
|
Memecahkan Masalah
|
1
|
7
|
Menggunakan Teknologi
|
1
|
KODE UNIT : PAR.HT02.030.01
JUDUL UNIT : MENYEDIAKAN PELAYANAN VALET
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyediakan pelayanan untuk ahli valet atau kepala pelayan dalam perusahaan akomodasi komersil.
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
| |
01
|
Menampilkan standar valet profefesional
|
1.1 Komunikasi dengan tamu dilaksanakan dengan cara yang membangun hubungan yang saling pengertian dan meningkatkan rasa niat baik antara tamu dan perusahaan.
1.2 Pengetahuan seorang tamu diakses dan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan valet yang ditawarkan.
1.3 Pengurusan jasa valet dan standar komunikasi harus diikuti sesuai dengan standar perusahaan.
|
02
|
Tanggungjawab atas harta/barang-barang tamu
|
2.1 Kopor yang tidak dikemas, disimpan dan dikemas dengan rapi sesuai dengan instruksi tamu.
2.2 Pakaian tamu disiapkan dan disajikan pada tamu untuk siap digunakan.
2.3 Sepatu dibersihkan secara benar.
2.4 Perbaikan dilakukan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
2.5 Kerahasiaan dijaga mengenai barang-barang/harta dan aktifitas tamu.
|
03
|
Mengatur layanan untuk tamu
|
3.1 Informasi dan saran tentang layanan khusus dan manfaat diberikan secara pro-aktif pada tamu.
3.2 Bantuan ditawarkan pada tamu sehubungan dengan pengaturan layanan.
3.3 Layanan diorganisir dengan mempertimbangkan kebutuhan dan permintaan seorang tamu.
3.4 Rincian seluruh layanan dikonfirmasikan dengan tamu.
3.5 Bila perlu, layanan dimonitor untuk memastikan kebutuhan tamu yang akan dipenuhi.
3.6 Penyesuaian terhadap layanan dilakukan bila diminta.
3.7 Catatan layanan yang diberikan dijaga secara teliti.
|
BATASAN VARIABEL
1. Unit ini berlaku untuk seluruh jenis usaha akomodasi komersial dimana untuk ahli valet atau kepala pelayan ditawarkan.
2. Layanan mencakup namun tidak terbatas pada:
2.1 organisasi pesta tertentu
2.2 organisasi darmawisata
2.3 pemesanan restoran/gedung bioskop
2.4 room service.
|
PANDUAN PENILAIAN
1. 1. Keterampilan dan pengetahuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini:
1.1 sejarah layanan valet dan peranannya dalam industri perhotelan internasional
1.2 keterampilan komunikasi lisan untuk jalinan rasa simpati dan pengertian tamu
1.3 protokol berkaitan dengan tamu-tamu VIP.
2. Konteks penilaian
Unit ini wajib dinilai melalui demonstrasi praktis pada saat bekerja atau dalam lingkungan akomodasi yang disimulasikan dimana ada suatu kesempatan untuk melaksanakan jenis layanan valet ini.
3. Aspek penting penilaian
Petunjuk wajib mencakup suatu kemampuan yang didemonstrasikan untuk bertanggungjawab atas barang-barang/harta tamu dan mengorganisir jenis layanan khusus untuk tamu. Presentasi yang diterima perusahaan dan standar komunikasi juga harus didemonstrasikan. Hal ini harus didukung oleh suatu pemahaman yang didemonstrasikan atas peranan layanan valet dalam industri perhotelan internasional.
4. Kaitan dengan unit-unit lain
4.1 Unit ini wajib dinilai bersamaan dengan atau setelah unit-unit berikut:
4.1.1 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
4.1.2 Mengembangkan dan Memperbaharui Pengetahuan Setempat
4.1.3 Mengikuti Prosedur Tempat Kerja.
4.2 Pelatihan gabungan dianggap sesuai, tergantung pada sektor industri dan tempat kerja.
|
Kompetensi Kunci
NO
|
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1
|
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
|
1
|
2
|
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
|
2
|
3
|
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
|
2
|
4
|
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
|
2
|
5
|
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
|
-
|
6
|
Memecahkan Masalah
|
2
|
7
|
Menggunakan Teknologi
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar